Translate Blog

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Jul 4, 2010

Delphi dan Perubahannya

Delphi merupakan bahasa pemrograman berbasis Windows yang menyediakan fasilitas pembuatan aplikasi visual seperti Visual Basic. Delphi memberikan kemudahan dalam menggunakan kode program, kompilasi yang cepat, penggunaan file unit ganda untuk pemrograman modular, pengembangan perangkat lunak, pola desain yang menarik serta diperkuat dengan bahasa pemrograman yang terstruktur dalam bahasa pemrograman Object Pascal. Delphi memiliki tampilan khusus yang didukung suatu lingkup kerja komponen Delphi untuk membangun suatu aplikasi dengan menggunakan Visual Component Library (VCL). Sebagian besar pengembang Delphi menuliskan dan mengkompilasi kode program dalam IDE (Integrated Development Environment).Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman visual di lingkungan windows ( under windows) yang menggunakan bahasa pascal sebagai Compiler. Keberadaan bahasa pemrograman Delphi tidak bisa dipisahkan dari bahasa Turbo pascal yang diluncurkan pada tahun 1983 oleh Borland International Incorporation. Turbo pascal memang dirancang untuk dijalankan pada operasi DOS (Disk Operating System) yang merupakan sistem operasi yang banyak digunakan pada saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman, dimana sistem operasi mulai bergeser ke sistem operasi windows, maka borland International merilis Turbo Pascal for windows yang dijalankan dibawah sistem operasi windows 3.X.
SEJARAH
Delphi awalnya proyek riset rahasia di Borland yang berevolusi menjadi sebuah produk yang disebut
AppBuilder. Sesaat sebelum rilis pertama dari Borland AppBuilder, Novell AppBuilder dirilis, meninggalkan Borland membutuhkan nama baru. Pengembang Danny Thorpe memilih codename Delphi merujuk pada Oracle di Delphi .Salah satu tujuan asli dari Delphi adalah untuk menyediakan konektivitas database untuk programmer sebagai fitur kunci dan sebuah paket database yang populer pada waktu itu adalah database Oracle , maka, "Jika Anda ingin berbicara dengan [Oracle], buka Delphi". Sebagai pengembangan lanjutan, nama tumbuh pada mereka dan ada dukungan tumbuh di Borland Delphi untuk nama.

Arsitek di belakang kepala Delphi adalah Anders Hejlsberg , yang telah dikembangkan Turbo Pascal .Ia pindah ke Microsoft pada 1996 untuk bekerja padA c#

SEJARAH VERSI
Borland Delphi 1
Delphi 1 dirilis pada 1995 untuk 16-bit Windows 3.1 dan merupakan contoh awal dari apa yang kemudian dikenal sebagai Rapid Application Development (RAD) alat. Delphi 1 adalah penerus dari Turbo Pascal dan Borland Pascal, murah compiler 16-bit kode asli.Seperti Turbo Pascal, Delphi kode ditulis dalam dialek bahasa pemrograman Pascal yang dikenal sebagai Object Pascal.

Borland Delphi 2
Delphi 2, dirilis pada 1996 , didukung lingkungan 32-bit Windows.Ini termasuk Delphi 1 dibundel bersama-sama untuk menciptakan 16-bit Windows 3,1 aplikasi.
Borland Delphi 3
Delphi 3, yang dirilis pada 1997 , adalah Delphi klasik.Hal ini didukung 32-bit lingkungan Windows.Hal ini juga termasuk Delphi 1 paket bersama untuk menciptakan 16-bit aplikasi Windows 3.1.
 
Borland Delphi 5
Borland Delphi 5 dirilis pada 1999 .
Kylix
Pada 2001 sebuah versi Linux dari Delphi, bernama Kylix , dirilis. Ini dikritik sebagai kualitas rendah dan tidak menjual dengan baik, dan ditinggalkan setelah versi 3. Ini adalah usaha pertama untuk menambahkan dukungan Linux pada keluarga produk Delphi.
 
Borland Delphi 6
Upaya untuk mendukung kedua Linux dan Windows untuk-platform pengembangan lintas dibuat, dan cross-platform versi dari VCL dikenal sebagai CLX dikirimkan pada 2002 dengan merilis Delphi 6. Ini adalah upaya kedua untuk menambahkan dukungan Linux untuk keluarga produk Delphi (Kylix lihat di atas).
 
Borland Delphi 7
Delphi 7, dirilis pada bulan Agustus 2002, menjadi versi standar yang digunakan oleh pengembang Delphi lebih daripada versi tunggal lainnya.Ini adalah salah satu yang paling dihargai IDE dibuat oleh Borland karena stabilitas, kecepatan dan persyaratan perangkat keras rendah dan masih aktif dipergunakan sampai saat ini.Delphi 7 menambahkan dukungan untuk Windows XP Tema, dan menambahkan lebih banyak dukungan untuk membangun aplikasi Web.Ini juga merupakan versi terakhir dari Delphi yang dapat digunakan tanpa aktivasi.
 
Borland Delphi 8
Delphi 8, dirilis Desember 2003 .IDE ditulis ulang untuk mengakomodasi untuk pengembangan NET.IDE berubah menjadi antarmuka merapat mirip dengan Microsoft Visual Studio. Delphi 8 sangat dikritik untuk kualitas rendah dan fakta yang tidak mungkin lagi untuk membuat aplikasi asli (*. exe). Ketidakmampuan untuk menghasilkan aplikasi asli hanya berlaku untuk rilis ini, seperti kemampuan telah ditambahkan kembali ke rilis berikutnya (Delphi 2005).
 
Borland Delphi 2005
Versi berikutnya, Delphi 2005 (Delphi 9, juga Borland Developer Studio 3.0), termasuk Win32 dan pengembangan NET. Dalam IDE tunggal, mengulangi komitmen untuk pengembang Borland Win32. Delphi 2005 termasuk desain-waktu manipulasi data langsung dari database.Namun, hal itu dikritik oleh beberapa untuk bug-nya; baik 8 Delphi dan Delphi 2005 telah masalah stabilitas saat dikirimkan, yang hanya sebagian diselesaikan dalam paket layanan.Kemampuan untuk mengkompilasi aplikasi asli windows (*. exe) telah ditambahkan kembali ke Delphi 2005 setelah dihapus dalam Delphi 8.
 
Borland Delphi 2006
Pada akhir 2005 Delphi 2006 (Delphi 10, Borland Developer Studio 4.0) dirilis dan pengembangan gabungan C # dan Delphi.NET, Delphi Win32 dan C + + (Gambar saat ia dikirim tapi harus stabil dalam Service Pack 1) ke dalam IDE tunggal.Ini jauh lebih stabil daripada Delphi 8 atau Delphi 2005 ketika dikirimkan, dan ditingkatkan bahkan lebih dengan merilis service pack dan beberapa perbaikan terbaru. CLX dukungan dijatuhkan untuk aplikasi baru dari rilis ini dan seterusnya.
Pada tanggal 8 Februari 2006 Borland mengumumkan bahwa mereka sedang mencari pembeli untuk IDE dan lini produk database, yang meliputi Delphi, untuk berkonsentrasi pada perusahaan ALM baris.Berita itu bertemu dengan fasih optimisme dari pengguna Delphi yang tersisa.
Pada tanggal 6 September 2006 Developer Tools Group (nama kerja belum berputar off perusahaan) Borland Software Corporation merilis versi bahasa tunggal dari Borland Developer Studio, membawa kembali nama Turbo populer. Set meliputi produk Turbo Turbo Delphi untuk Win32, Turbo Delphi untuk NET,. Turbo C + +, dan Turbo C #.Setiap versi tersedia dalam dua edisi: Explorer-download versi gratis-dan-Profesional-harga yang lebih rendah (US $ 899 untuk pengguna baru, US $ 399 untuk update) versi yang membuka akses ke ribuan komponen pihak ketiga.Tidak seperti edisi sebelumnya Pribadi dari Delphi, baru edisi Explorer dapat digunakan untuk pengembangan komersial.
Pada November 14, 2006 Borland mengumumkan bahwa alih-alih menjual alat kelompok pembangunan itu akan spin it off menjadi anak perusahaan mandiri bernama CodeGear

Codegear Delphi 2007

Foto dari Delphi 2007 kotak seperti yang dirilis oleh CodeGear pada musim semi 2007.
Delphi 2007 (Delphi 11), yang versi pertama oleh CodeGear, dirilis pada tanggal 16 Maret 2007. Kepribadian Win32 dirilis pertama, sebelum kepribadian NET Delphi 2007 yang didasarkan pada NET Framework. 2.0 dirilis sebagai bagian dari CodeGear RAD Studio 2007 produk.Fitur-fitur baru termasuk dukungan untuk MS Membangun dan penyempurnaan Visual Component Library untuk Windows Vista, tapi C # Builder Fitur dijatuhkan dalam rilis ini sebagai tempat penjualan tidak setinggi seperti yang diharapkan karena Visual Studio juga menawarkan C #.Formulir Windows desainer untuk Delphi. NET juga jatuh di D2007 karena didasarkan atas bagian dari NET framework. API yang telah berubah begitu drastis oleh Microsoft di NET 2.0 yang memperbarui IDE akan menjadi langkah besar.Kemudian Delphi.NET itu telah digantikan oleh Delphi Prism , kombinasi RemObjects sebagian besar kompiler Delphi kompatibel. NET, Visual Studio Microsofts Shell (versi tanpa C # dan dukungan VB) dan beberapa teknologi Embarcadero seperti dbExpress.Prism di lintas platform sejauh mampu karena mendukung Mono NET perpustakaan.Delphi 2007 juga diperkenalkan DBX4 sebagai versi berikutnya dbExpress.Untuk pertama kalinya Delphi bisa di-download dari Internet dan diaktifkan dengan kunci lisensi.Didunia versi Delphi 2007 dikirim secara bersamaan dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang.Studio RAD 2007 (kode bernama Highlander), yang meliputi NET dan. C + + pembangunan Builder, dirilis pada 5 September 2007.
 
Borland CodeGear dijual untuk Embarcadero Technologies pada tahun 2008.Embarcadero adalah mempertahankan divisi yang dibuat oleh Borland CodeGear untuk mengidentifikasi alat dan persembahan database, dan Embarcadero telah memutuskan untuk mengidentifikasi alat sendiri database di bawah moniker DatabaseGear.
 
Embarcadero Delphi 2009
Delphi 2009 (Delphi 12, kode bernama Tiburon), ditambahkan banyak fitur baru seperti sepenuhnya ulang yang VCL dan RTL untuk dukungan Unicode penuh, dan menambahkan obat generik dan metode anonim untuk pengembangan asli Win32.Dukungan untuk pengembangan NET. Dijatuhkan dari IDE Delphi. Sebuah produk baru, Delphi Prism, adalah ditawarkan untuk pengembangan NET. Pada tempatnya. Delphi Prism Visual Studio bahasa plug-in, dan tidak termasuk RTL atau VCL untuk porting kode.
 
Embarcadero Delphi 2010
Versi terbaru, Delphi 2010 (Delphi 14, nomor 13 itu diabaikan, kode bernama Weaver), dirilis pada tanggal 25 Agustus 2009 adalah rilis Unicode kedua dari Delphi.Ini mencakup sistem baru RTTI compiler [4] , dukungan untuk Windows 7 2D langsung, layar sentuh dan gerakan, sebuah formatter kode sumber, visualizers debugger dan opsi untuk juga memiliki Komponen palet gaya lama dalam IDE.Sistem RTTI baru membuat executables lebih besar dari versi sebelumnya. 
Embarcadero Delphi 2011 (Fulcrum)
Sedikit yang diketahui tentang masa depan rilis ini selain bahwa mereka akan menawarkan kemampuan cross-compiling. codename adalah Fulcrum, awalnya "Project X". The cross-platform dukungan akan diberikan dengan memiliki berbasis windows compiler menghasilkan binari untuk Linux dan Mac OS X . Compiler dan IDE tidak akan porting ke platform ini untuk memastikan suatu lingkungan kerja yang stabil.

MEMBEDAKAN FITUR
Delphi menggunakan Pascal bahasa pemrograman berbasis-disebut Object Pascal , dan kompilasi Delphi source code ke native x86 kode. Mereka termasuk VCL (Visual Component Library), dukungan untuk COM interface yang independen dengan referensi sebanyak implementasi kelas, dan dukungan bagi sejumlah besar komponen pihak ketiga. Interface implementasi bisa didelegasikan ke ladang atau properti dari kelas.Pesan penangan dilakukan oleh penandaan sebuah metode kelas dengan integer konstan pesan untuk menangani.
Sebuah penekanan yang kuat ditempatkan pada konektivitas database dan Delphi menawarkan komponen database kaya ditetapkan.Visual Component Library (VCL) berisi sebuah perpustakaan besar kontrol database sadar, dan komponen akses database.

KEUNTUNGAN
Delphi adalah sangat diketik bahasa pemrograman tingkat-tinggi , dimaksudkan untuk mudah digunakan dan awalnya berdasarkan bahasa Objek Pascal sebelumnya.Delphi, berbeda dengan Pascal tradisional, terutama tidak dirancang untuk tujuan pendidikan.Selain tingkat tinggi bahasa fitur Delphi juga mendukung pemrograman tingkat rendah dengan membiarkan bagian assembler dan notasi dari opkode CPU langsung juga mungkin. Bahasa's orientasi obyek hanya kelas-fitur dan antarmuka berbasis polimorfisme , membuat program yang ditulis dalam Delphi lebih jelas diletakkan dari program yang ditulis dalam beberapa bahasa lain yang memungkinkan dan menggunakanObjek sebenarnya referensi ke objek (seperti di Jawa ) yang secara implisit dereferences Delphi, jadi ada biasanya tidak perlu secara manual mengalokasikan memori untuk pointer ke objek atau teknik yang sama yang diperlukan dalam beberapa bahasa lain.Ada didedikasikan referensi jenis string dihitung (serta diakhiri null-string).
String bisa concatenated dengan menggunakan '+' sign, daripada menggunakan fungsi.Bagi mereka tipe string berdedikasi, tidak ada manajemen memori manual diperlukan sebagai manajer memori menangani ini.Manajer memori membaik diperkenalkan dengan Borland Developer Studio 2006 sekarang menyediakan fungsi untuk melacak kebocoran memori.
Bahasa ini cocok untuk Rapid Application Development (RAD), dan dilengkapi dengan IDE yang terintegrasi.Delphi produk kapal semua dengan kerangka besar bernama VCL (Visual Component Library) termasuk sebagian besar kode sumbernya.Komponen pihak ketiga (biasanya tersedia dengan penuh kode sumber ) yang tersedia di pasar serta sebagai alat untuk meningkatkan IDE atau untuk tugas-tugas lain yang terkait pembangunan Delphi. IDE termasuk GUI untuk lokalisasi dan penjabaran program yang dibuat yang dapat dikerahkan untuk penerjemah tanpa biaya tambahan. (Beberapa pengembang lebih suka menggunakan produk pihak ke-3 untuk tujuan ini karena mereka sering memiliki fungsi more.) VCL kerangka mempertahankan tingkat tinggi kompatibilitas sumber antara versi yang berarti satu dapat meng-upgrade kode sumber yang ada dengan mudah pada kebanyakan kasus ke versi yang lebih baru Delphi.Perpustakaan 3 salah satu pihak perlu update dari vendor atau jika kode sumber tersedia sebuah kompilasi sederhana dengan versi yang lebih baru mungkin cukup.The VCL adalah adopter awal injeksi Dependensi atau Inversi dari Control .The VCL adalah "canggih yang dapat digunakan kembali" komponen model, dapat diperluas oleh pengembang.Dengan pembantu kelas satu bisa memperkenalkan fungsionalitas baru untuk RTL inti dan VCL kelas tanpa mengubah kode sumber asli dari RTL atau VCL .
Single lulus kompilator mengoptimalkan cepat dapat mengkompilasi menjadi single executable sehingga mempermudah distribusi, dan menghilangkan DLL masalah versi. The creation of DLLs and ActiveX DLLs or COM Automation servers is also possible, and developers can even create Windows services using Delphi. Penciptaan DLL dan ActiveX DLL atau COM Otomasi server juga mungkin, dan pengembang bahkan dapat membuat layanan Windows menggunakan Delphi.
The Delphi IDEs since Delphi 2005 increasingly support advanced refactoring features such as Method Extraction, etc. [ 6 ] and the possibility to create UML models from the source code or to modify the source through changes made in the model. The IDE Delphi sejak Delphi 2005 semakin dukungan canggih refactoring fitur seperti Metode Ekstraksi, dll [6] dan kemungkinan untuk menciptakan model-model UML dari kode sumber atau untuk mengubah sumber melalui perubahan yang dibuat dalam model.
Delphi has large communities on Usenet and the web (eg news://newsgroups.codegear.com ) which help solving problems of individual developers. Delphi memiliki komunitas besar pada Usenet dan web (misalnya berita: / / newsgroups.codegear.com ) yang membantu memecahkan masalah pengembang perorangan. Many Codegear employees actively participate in those communities. Codegear Banyak karyawan secara aktif berpartisipasi dalam komunitas tersebut. A voluntary team (TeamB) also helps out. Sebuah tim sukarela (TeamB) juga membantu keluar.

KEKURANGAN
Tidak ada dukungan 64-bit asli
Delphi creates 32-bit native applications only. Delphi menciptakan aplikasi asli hanya 32-bit. It is not possible to write 64-bit native Windows applications, which is required to use more than 4 GB of memory. Tidaklah mungkin untuk menulis 64-bit aplikasi Windows asli, yang dibutuhkan untuk menggunakan lebih dari 4 GB memori. In addition, you can not write plug-ins for 64-bit 3rd party applications and services, like the Windows Explorer . Selain itu, Anda tidak dapat menulis plug-in untuk aplikasi 64-bit dan layanan pihak ke-3, seperti Explorer Windows . Support for 64-bit applications has been on the Delphi roadmap for some years, but has been postponed several times. Dukungan untuk aplikasi 64-bit telah di roadmap Delphi untuk beberapa tahun, tetapi telah ditunda beberapa kali. The current roadmap [ 7 ] shows the Commodore project, bringing 64-bit support, but does not state an arrival date. Peta jalan saat ini [7] menunjukkan Proyek Commodore, membawa dukungan 64-bit, tetapi tidak menyatakan tanggal kedatangan.
Not cross platform Tidak cross platform
Delphi is, in itself, not a cross-platform tool. Delphi, dalam sendiri, bukan alat cross-platform. The latest Delphi release contains Delphi Prism which can be used to develop .NET applications. Rilis terbaru berisi Delphi Delphi Prism yang dapat digunakan untuk mengembangkan. Aplikasi NET. A cross platform, codenamed Project X, is shown on the latest roadmap [ 8 ] . J lintas platform, CODEC Proyek X, ditampilkan pada peta jalan terbaru [8] . Also Lazarus (a freeware Delphi Clone) which contains the most used VCL Components of Delphi is cross-platform between Linux, Mac OS and Windows. Juga Lazarus (freeware Delphi Clone) yang berisi Komponen yang paling sering digunakan VCL dari Delphi adalah cross-platform antara Linux, Mac OS dan Windows.
Backward compatibility Kompatibilitas ke belakang
Each new release of Delphi attempts to keep as much backwards compatibility as possible. Setiap rilis baru dari Delphi mencoba untuk menjaga kompatibilitas mundur sebanyak mungkin. This allows users to build legacy code without worrying about any broken interfaces or functionality. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membangun kode warisan tanpa khawatir tentang apapun antarmuka rusak atau fungsi. However, some developers feel that the attention to backwards compatibility has held back the evolution of the Delphi language, and has led to a somewhat dated design in the standard class libraries (VCL/RTL). Namun, beberapa pengembang merasa bahwa perhatian untuk kompatibilitas mundur menahan evolusi bahasa Delphi, dan telah menimbulkan desain agak tanggal di perpustakaan kelas standar (VCL / RTL).
PERANGKAT LUNAK TERKAIT

Delphi untuk PHP

Delphi for PHP is an IDE for PHP . Delphi untuk PHP adalah IDE untuk PHP . It provides true RAD functionality. Ini menyediakan fungsionalitas benar RAD. It features Delphi or Visual Basic like form designer, integrated debugger (based on Apache web server). Ini fitur Delphi atau Visual Basic seperti desainer bentuk, debugger terintegrasi (berbasis Apache web server). It also includes a VCL library ported to PHP. Hal ini juga termasuk VCL perpustakaan porting ke PHP. Support for Web 2.0 features like AJAX, makes it a unique IDE. Dukungan untuk Web 2.0 fitur seperti AJAX, membuat sebuah IDE unik.
This product was announced on March 20, 2007, and is based on Qadram Q studio, which is now wholly owned by CodeGear. Produk ini diumumkan pada tanggal 20 Maret 2007, dan didasarkan pada Qadram Q studio, yang sekarang seluruh sahamnya dimiliki oleh CodeGear.

Delphi Prism

Delphi Prism is a product from Embarcadero based on the Oxygene programming language (previously known as Chrome). Delphi Prism merupakan produk dari Embarcadero berdasarkan bahasa pemrograman Oxygene (sebelumnya dikenal sebagai Chrome). Delphi Prism is the replacement for Delphi.NET, which was discontinued. Delphi Prism adalah pengganti Delphi.NET, yang dihentikan. The Prism product runs inside the Visual Studio IDE and is part of the "RAD Studio" IDE environment. [ 9 ] Produk Prism berjalan di dalam Visual Studio IDE, dan merupakan bagian dari RAD "IDE Studio lingkungan". [9]

RAD Studio

Embarcadero sells RAD Studio , a suite of development tools which consists of Delphi, Delphi Prism and C++Builder . [ 9 ] Like Delphi, RAD Studio also has three different edition: Professional edition, Enterprise edition and Architect edition. [ 10 ] Embarcadero menjual RAD Studio, sebuah suite tool pengembangan yang terdiri dari Delphi, Delphi Prism dan C + + Builder . [9] Seperti Delphi, RAD Studio juga mempunyai tiga edisi yang berbeda: edisi Profesional, edisi Enterprise dan edisi Arsitek. [10]

perangkat lunak pihak ketiga]

  • Free Pascal is an open source Pascal compiler which supports Delphi code and works on many operating systems. Free Pascal adalah sebuah open source kompilator Pascal yang mendukung kode Delphi dan bekerja pada banyak sistem operasi.
  • Lazarus is a RAD IDE which uses the Free Pascal Compiler. Lazarus adalah RAD IDE yang menggunakan Free Pascal Compiler. It is developed for and supported by the Free Pascal compiler and runs among others on Windows, Linux and OS-X. Hal ini dikembangkan untuk dan didukung oleh kompilator Free Pascal dan berjalan antara lain pada Windows, Linux dan OS-X.
  • The open source OpenWire library adds Dataflow programming functionality to Delphi. Open source OpenWire perpustakaan menambahkan Dataflow pemrograman fungsi untuk Delphi.
  • Project Jedi (Joint Endeavor of Delphi Innovators) is a collaborative open source effort by the Delphi developer community to provide translations of Windows API interfaces, additional components and controls, and algorithms and data structures. Proyek Jedi (Gabungan Berupaya dari Delphi Innovator) adalah suatu kolaborasi open source upaya oleh komunitas pengembang Delphi untuk menyediakan terjemahan dari Windows AP interface, komponen tambahan dan kontrol, dan algoritma dan struktur data.
SEJARAH BORLAND DELPHI 7.0
pada tahun 1992 muncul bahasa pemrograman baru bernama Borland Pascal 7 yang merupakan penggabungan dari Turbo Pascal dan Turbo pascal for windows.

Namun ternyata bahasa pemrograman baru tersebut ternyata masih sulit di gunakan. Trend penggunaan bahasa pemrograman visual untuk membangun sebuah aplikasi telah mendorong Borland membuat bahasa pemrograman baru pada tahun 1995 diperkenalkan kepengguna komputer sebuah bahasa pemrograman visual yang berbasis bahasa pascal. Bahasa pemrograman baru tersebut diberi nama Borland Delphi setahun kemudian versi ke dua dari delphi dilempar kepasaran.

Penggunaan delphi dapat mempersingkat waktu pemrograman, karena anda tidak perlu lagi menuliskan kode program yang rumit dan panjang untuk menggambar, meletakkan dan mengatur komponen. Selain itu anda dapat menyusun aplikasi yang lebih interaktif. Delphi menyediakan cukup banyak pilihan komponen interface aplikasi, antara lain berupa tombol menu, drop down, ataupun menu pop up, kotak text, radio button, check box, dan sebagainya. Bahkan ada berbagai mascam komponen Skin tampilan yang beragam yang disediakan oleh beberapa vendor lainnya, seperti, SUIPack, Sxskincomponents, dan lain sebagainya. Anda tinggal memilih komponen yang dibutuhkan dengan klik mouse, mengatur tampilannya kemudian menuliskan sedikit kode program, maka aplikasi anda siap dijalankan.

Delphi 7.0, versi terbaru yang dikeluarkan oleh Borland, memiliki support yang sangat tinggi terhadap data base-data base yang sudah terkenal (seperti MS Accsses, Paradox, Foxpro, Dbase, Oracce, dan lain sebagainya), dan dilengkapi dengan objek-objek yang baru sehingga memudahkan pembuatan database maupun program lainnya (Game, Utility dan lainnya).


KELEBIHAN BORLAN DELPHI
Borland delphi 7.0 merupakan pilihan bagi sebagian kalangan programmer untuk membuat aplikasi. Hal ini disebabkan kelebihan yang ada pada borland delphi 7.0 berikut ini beberapa kelebihan borlan delphi 7.0 antara lain :


  • Berbasis Objek Orientid programming, seperti bagian yang ada pada program dipandang sebagai suatu objek yang mempunyai sifat-sifat yang dapat diubah dan diatur , sehingga kita dapat membuat tampilan sebuah program dengan desain kita sendiri tanpa harus membuat codding yang panjang.




  • Suatu file EXE, setelah anda merancang program pada IDE Delphi akan mengkomplikasinya pada sebuah file executable tunggal. Program yang anda buat dapat langsung didistribusikan dan dijalankan pada komputer lain tanpa perlu menyertakan file lain, kecuali file yang beretensi *.exe atau Applikasi tersebut membutuhkan file lain seperti database, koneksi atau file pendukung lainnya, ini merupakan kelebihan yang sangat berarti.




  • Borland delphi 7.0 hadir bersama borland Kylix 3 yang berbasis Linux, bila ingin berganti flattform dari Windows ke Linux maka aplikasi yang dibuat di Delphi dapat dijalankan di Kylix 3 yang dikarenakan kedua produk tersebut merupakan produk Borland.




  • KEBUTUHAN SISTEM
    Agar delphi versi 7.0 ini dapat dioperasikan dengan baik anda membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak dengan spesifikasi tertentu. Delphi memerlukan perangkat keras (Hardware) dengan ruang hard disk dan memori yang relatif besar untuk untuk pembuatannya tetapi untuk pemakaiannya / menggunakan hasil file Aplikasinya tidaklah membutuhkan spesifikasi yang besar, tergantung besar kecilnya program yang kita terapkan pada komputer tersebut, Spesifikasi minimal yang dibutuhkan antara lain :
    • Processor pentium 233 MHz atau yang lebih tinggi.
    • Sistem operasi windows XP, windows 2000 atau windows 98.
    • Memori membutuhkan RAM 64 MB untuk edisi Architect, Enterprise, dan propesional, kecuali untuk personal 32 MB disarankan 128 MB.
    • Untuk Hard disk minimal size yang kosong sebesar 500 Megabyte.
    • Mouse,Keybord.dll

    From: http://dexriri.blogspot.com

    No comments:

    Post a Comment