Translate Blog

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Jun 10, 2015

PENGERTIAN & PERBANDINGAN CMOS , DIS, CCD

KAMERA CCTV CMOS , DIS, CCD

Kamera CCTV low end umumnya menggunakan CMOS /Complementary metal oxide semiconductor dengan harga yang sangat murah, dibandingkan DIS /Digital Image System dan CCD/ Charge-coupled device. Seiring perkembangan teknologi chipset, CMOS dikembangkan menjadi DIS dengan sistem SOC untuk mengejar kemampuan CCD dalam detail , warna, durability, maturity dan ketajaman dengan harga lebih murah.
Unit kamera CCTV DIS yang beredar di pasar umumnya dengan resolusi 520 TVL, 600 TVL, 700 TVL, 800 TVL, 1000 TVL (Sony 138+FH 8520) dengan dilengkapi IR-CUT untuk hasil visual yang lebih BAIK saat IRDA/ infra red LED menyala. Beberapa assembler kamera CCTV DIS menggunakan chipset seri BYD, OV, PIXELPLUS- PC, HT, MT9V139 / M139, SONY dengan DSP AVS, FH 8510-untuk low end class atau FH 8520– untuk high end class yang dapat menghasilkan kualitas, warna, ketajaman gambar yang berbeda-beda. Bahkan ada beberapa CCTV assembler telah menggunakan komponen HDIS untuk menghasilkan gambar lebih tajam daripada kamera CCTV DIS standard.

Perbedaan secara struktur perakitan kamera CCTV, kamera CCTV CCD tidak dilengkapi IR cut (karena tidak diperlukan), sedangkan CMOS /DIS sangat membutuhkan IR cut untuk menyaring sinar infra red agar tampilan gambar kamera tidak tampak hijau /ungu.
Cara paling mudah dalam membedakan kamera CCD palsu (CMOS/DIS) tanpa membuka casing kamera adalah saat IR cut aktif/bekerja bersamaan lampu led Infra red menyala , maka akan terdengar bunyi “klik /ceklek”.
Apabila terdengar bunyi seperti itu, maka kamera tersebut adalah kamera CCTV DIS /CMOS
PERBANDINGAN DIS/CMOS/HDIS/ CCD SONY EFFIO E

DIAGRAM SISTEM KERJA CMOS / CCD / DIS

Mengingat harga komponen DIS dengan resolusi lebih tinggi dan harga murah daripada komponen CCD, maka beberapa assembler CCD board chipset SHARP dan SONY lebih memfokuskan pengembangan ke CCD high resolution 600/ 700 TVL seperti Sony Effio-E.
Komponen chipset CCD 420 – 480 TVL  produksi SHARP dan SONY telah mulai mengalami diskontinu / kelangkaan di pasaran assembler kamera CCTV untuk saat ini.
Berikut perbandingan CMOS 600 TVL terhadap CCD 1/3 SONY 480 TVL (fokus perbandingan pada kotak warna kuning)
perbandingan kamera cctv cmos dengan ccd
NOTE:
– CCD masih dapat menghasilkan gambar lebih detail, tajam dan jelas ketimbang CMOS meskipun resolusi TVL CMOS lebih tinggi
– CCD tidak memerlukan IR cut, sedangkan CMOS & HDIS memerlukan IR cut untuk menyaring pantulan sinar infra red dari IRDA led.
– Semakin tinggi resolusi maka tingkat gradasi warna akan lebih baik

No comments:

Post a Comment