Translate Blog

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Oct 4, 2015

Gua Ngerong Tuban

 
         Gua Ngerong terdapat di Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Seperti namanya, Ngerong adalah lubang, dengan panjang 1,8km. dan kira2 mencapai 30km. ini adalah gua air. untuk mengarungi harus menggunakan perahu. setelah sampai ke 1000m akan ditemui air terjun dalam gua.
          Terdapat kelelawar yangg hidup sampai kedalaman 700 meter. Jutaan kalelawar terlihat spektakular saat beriring keluar pada jam 5 sore. Juga didapati Ikan Bader Bang (Puntius Javanicus), ikan yg dimitoskan sebagai keramat. barang siapa memakan atau membawa pulang, akan dijangkiti penyakit yg tak kunjung sembuh. Alhasil ada ribuan ekor ikan bader dgn ukuran sebesar paha yg bebas berenang hilir mudik tanpa ada yg berani menganggu.
           Mitos lainnya barang siapa masuk gua maka dia harus keluar 12 jam berikutnya. Kedua mitos ini membantu gua dan hewan2nya tetap lestari sampai saat ini.Hewan lainnya adalah kura2 putih dgn diamater 1 meter. Juga ikan tanpa mata -buta (khas hewan gua), yg mulai didapati di kedalaman 1000 meter. 
            

 
Istri saya saat memberi makan ikan dengan roti
saya juga ikut memberi makan ikan hehehe. rasanya geli. digigiti ikan banyak sekali


No comments:

Post a Comment